Tips sederhana membangun sebuah tulisan


Menemukan Ide Menulis

"Tidak ada kata terlambat untuk menulis" 
"Menulis membuatmu terancam keren"

Untuk urusan menulis, saya memang orang baru dalam hal tulis menulis, namun saya tidak pernah berhenti untuk berusaha belajar bagaimana cara memulai kata yang baik tema yang baik topik yang baik, namanya saja pemula pasti hal-hal seperti itu selalu ada dalam fikiran kita tanpa adanya dorongan ide dari yang lain.


Namun setalah saya mondar-mandir mencari tahu dari berbagai teman-teman yang mempunyai hobi menulis, hampir rata-rata jawabnnya sama, sama-sama harus menentukan topik dulu, maksud dan tujuan apa yang harusnya temen-temen tulis, yah benar semua itu memang benar. 

Mereka mengatakan mungkin karena sudah sangat terbiasa dan ahli. “membiasakan” adalah kunci dan hampir semua orang juga tahu akan hal itu.
Tapi menurut saya semua itu adalah cara yang standar dan membuat bosan saya sendiri. Betapapunun saya searching ke blog, web, baca buku tips-tips semua terkesan leterlek dan nggak ada yang membuat motivasi saya tumbuh untuk mau menulis, nulis, nulis, dan nulis. 

Ya sesekali ada sih, tapi pasti nanti ditengah-tengah berhenti dan hilang moodnya entah kemana. 

Setelah menatap jauh kesana kemari saya menemukan beberapa hal penting yang menurut saya itu jauh elebih efektif dari pada hal-hal yang standar yang ada di beberapa tulisan tips dan trik. 

Namanya juga urusan tulis menulis pasti harus dilakukankan dengan terus menurus niat yang lurus yang jelas adalah “komitmen”. apalagi kalo temen-temen sudah meniatkan untuk nulis sebagai karya mutlak murni meskipun hanya sebagai pengalaman pribadi.

Tiap-tiap pribadi mempunyai komitmen. So, jangan sampai meremehkan komitmen yang temen-temen punya hehe.

Sebuah karya pasti tidak bisa di nilai dengan apapun, semua sadar atas dasar dari pure thinking  authormulai dari emosional kita sehingga otak kita mentrasnfer mood yang jelas tanpa adanya kendala.

Kadang yang menubuat kita males nulis, punyai ide baru dan tiba-tiba hilang adalah kita sering berpindah atau alih fokus dari titik satu ke titik yang lain.

Menulislah dengan sesuka hati sesuai dengan mood dan cobalah bangun energi positif temen temen semua tanpa adanya keterpaksaan. Jangan sampai kita pengen menulis topik “A” tetapi kita sendiri tidak punyai ide, gagasan, lebih-lebih tidak tahu maksud dari tulisan kita sendiri.

So, mulailah dengan tips sederhana berikut :

Ciptakan mood yang bagus.
Menciptakan mood yang bagus bukan berarti temen-temen harus memaksa bangun dari kemalasannya. Malas itu memang normal. Tapi kalau berlebihan ya bisa fatal juga, mager terlalu lama misalnya.

Maka menciptakan mood yag bagus yang saya maksud disini yaitu mulislah semua apa yang kamu fikirkan baik itu pengalaman mu atau hal-hal lain yang sekiranya kamu sendiri pengin dituangkan kedalam tulisanmu. Tidak harus banyak yang penting bermanfaat.

Oke saya mengerti, itu sulit ! cobalah rubah gaya menulismu seperti ngomong dengan orang/sahabat/teman/atau siapapun lah itu. Disinilah inti dari emosional positif saat menulis. 

Jadi temen-temen tidak perlu lagi ngomong dengan mikir atau harus ngapain kata apa yang harus dimulai. Temen-temen pernah berfikirlah pastinya kalo waktu kita gomong sama temen-temen kalo ada sesuatu yang baru pasti kita selalu spontan jawab spontan ngomong. Nah cobalah seperti itu sehingga kamu sendiri juga kalo nulis tidak merasa terbebani.

Yang anggap saja ini sebagai kebutuhan kamu, karya kamu dan hobi kamu untuk medomkumentasikan tulisanmu.

Jangan memakai tombol backspace
Sampeyan tahukan menulis itu sekarang sudah serba teknologi. Tentu kita bisa lewat smartphone maupun laptop/computer.

Coba tuagkan ide –ide kamu saat menulis kalaupun ada kesalahan biarkan saja agar tidak menggagu pikiran kamu, terus lah kamu menulis sampai kamu benar-benar menyadari bahwa apa yang kamu tulis sudah berjumlah banyak lebih dari kata-kata yang kamu targetkan.

Sebenarnya itu adalah teknik dasar untuk menulis cepat yang digagas oleh blog ini, tips menulis lainnya silahkan kunjungi blog tersebut.

Edit tulisanmu
Kalo dirasa kamu sudah cukup  menulis kan ide-ide mu dan pikiran sudah off serta tak tau  apalagi yang harus ditulis, cukupkan saja tulisannmu.

Jika masih telalu sedikit ya simpan saja sebagai draft pertama kemudian nanti abisa di lanjut lagi. sekiranya sudah bisa atau mencukupi target nulismu perhari atau per apapun yang udah kamu targetkan. Maka langkah selanjutnya adalah editing.

Editing ini merupakan langkah terahir untuk melihat hasil tulisanmu sambil memnperbaiki kata-kata yang kamu tulis tadi. Hasilnya juga tidak akan percuma.

Manfaat dari editing ini #kita bisa menambahkan/menghapus kata-kata yang tidak layak ditulis #Otak akan bergerak menambahkan sebuah ide baru. Misalnya dalam paragraf kedua seharusnya ditambah “A” ditambah “C” atau “B”. 

Jika temen-temen ingin tahu tulisan saya yang asli ini silahkan klik disini. Dan... tidak bisa dibaca sama sekali kan ?  semua saya lakukan tanpa menekan tombol backspace. Tetapi ini lebih membangun mood dan merespon otak secara positif untuk terus menulis seperti saya yang masih pemula.

Semoga bermanfaat :)

0 Response to "Tips sederhana membangun sebuah tulisan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel