Dilema setelah lulus SMA

You know ?

Jaman sekarang, bagi lulusan SMA/SMK/MA kalo tidak kuliah rasanya ada yang kurang. dilemanya seorang siswa SMA saat selesai tugas akhir (UN) adalah tentang projek. projek apa yang akan dilakukan selanjutnya. langkah apa yang akan dilakukan selanjutnya. ini pernah saya rasakan dan pusing bukan main.

Lulus SMA

tahun 2014 dulu, tepatnya saat saya telah selesai Ujian Nasional di hari terakhir. bahagia luarbiasa rasanya. seolah-oleh hidup penuh kedamain lepas dari banyak beban tanggungan sekolah. tidak pernah memikirkan bagiamana nanti hasil UN nya. 

yang paling penting adalah semua tanggungan sudah selesai. satu minggu setelah pengumuman kelulusan UN. Saya kepikiran langkah apa yang harus dilakukan. saya itu mau ngapain ? kira-kira itu yang ada dibenak saya. kemudian saya mengkategorikan empat pilhan penting setelah kelulusan.

  • Kerja
ini adalah peluang pertama yang saya pikirkan. jujur ! saya memang punya pemikiran yang begini bukan karena tidak ingin kuliah, tapi ada alasan lain yang melandasi saya untuk berpikir demikian. pertama, saya termasuk siswa yang buta informasi akan dunia perkuliahan. karena tempat saya sekolah dulu masuk ke dalam bagian sistem pesantren yang tidak bisa menyentuh teknologi komunikasi. kedua, keluarga saya. keluarga besar saya tidak ada satupun yang kuliah baik lokal maupun non lokal. 



bayangkan? bagaimana bisa saya dapat motivasi untuk kuliah. semua keluarga saya rata-rata langsung mencari kerja. sedangkan saya yang notabene adalah lulusan SMA dan pesantren tidak paham juga dalam dunia kerja. ketiga, saat saya berusaha untuk mencari informasi kuliah. banyak keluarga saya yang tidak mendukung. kuliah untuk apa ? mau ngabis-ngabisin uang lagi ? kalo udah sarjana juga mau ngapain ? paling-paling jadi guru atau malah pengangguran.

tambah hilang motivasi saya dan ini merupakan pertama kali saya merasakan dilema besar. sudah bingung mau kerja ditambah tidak ada dukungan untuk lanjut kuliah.

  • Nikah
ini angan-angan konyol yang entah datangnya dari mana wkwk.. saya tidak menyarankan di jaman sekarang lulus SMA/MA langsung nikah. tapi kalo kalian mampu dan mau it's okey no problem. cuma bagi saya masa muda itu masa-masa dimana seorang berkembang untuk berkarya. jadi manfaatin dulu dan cari pengalaman sebanyak-banyaknya. ikuti kata hati dan saran orang tua. karena orangtua yang lebih mengerti tentang anaknya dibanding bisikan tetangga. bisikan tetangga itu diambil baiknya saja. selebihnya terserah kata hatimu

  • Pengangguran
hati-hati saat sudah stress. kebanyakan lulusan SMA/MA akan terjebak disini. "Sudahlah, aku mau berhenti satu tahun dulu.." "aku mau ini.. aku mau itu...". ujung-ujungnya nanti tidak punya tujuan hidup. sepela tapi menurut saya ini bahaya. masa muda masa dimana pemikiran kita harus berkembang maju. jadi pikir lagi secara matang-matang. kalau bisa buat outline saat masih duduk dibangku SMA. kira-kira setelah lulus hal apa yang harus diutamakan terlebih dahulu.

  • Kuliah
ini adalah opsi terakhir. dan harusnya menjadi opsi favorite bagi lulusan anak-anak SMA. mengapa ? karena dibangku kuliah cakrawala akan berkembang luas. kamu akan tahu arti hidup yang sebenarnya. hidup diperantauan, hidup dengan orang-orang baru dari banyak suku dan agama. disinilah kalian harus belajar memposisikan diri sebagai pelajar. pandai-pandai memfilter mana yang baik dan mana yang buruk. mana yang harus dikerjakan dan mana yang tidak harus dikerjakan.

kuliah atau bisa kita sebagai lanjutan sekolah pada pendidikan tinggi tidak harus jauh-jauh dari jangkauan kita. karena perguruan tnggi bermacam-macam. mulai dari Akademi Kejuruan, Sekolah Tinggi, Institute, dan Universitas. Umumnya, orang-orang akan memilih Universitas. karena kebanyakan orang memilh Univ yang mempunyai nama dimana-mana. tapi terserah kalian juga. sesuai keinginan deh.

 Jadi bagamana, kalian mau pilih opsi yang mana ? tentu setelah lulus SMA menjadi haknya kalian masing-masing ya. harus banyak dipikiran dari segi pikiran, fisik, jarak, dan finansial. setidaknya empat opsi diatas bisa menjadi poin penting kira-kira hal apa yang harus segera dilaksanakan. jangan lupa buat outline terlebih dahulu sebelum beranjak. agar kedepannya menjadi tindakan yang sudah terstruktur dan terencana serta ada tujuan jelas mau kemana.

0 Response to "Dilema setelah lulus SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel