Cara menulis Jurnal Ilmiah Bereputasi

Tidak ada habisnya jika terus bicara tentang dunia akademik. menggeluti dunia akademik sama dengan berperang melawan tinta, kertas, dan gejolak pemikiran yang rasional-empiris. sebuah keluhan yang hampir semua dialami oleh mahasiswa adalah subtansi dari kegiatan perkuliahan itu sendiri.

subtansi itu adalah serangkaian tugas yang diberikan oleh dosen berupa makalah, karya tulis ilmiah, dan sejenisinya. kali ini saya akan membahas bagaimana cara menulis jurnal ilmiah pada jurnal terindeks nasional.



menulis jurnal merupakan sebuah proses yang membutuhkan waktu cukup agar dapat diterima dengan baik oleh lembaga terkait. proses ini merupakan bagian dari refleksi diri sebelum benar-benar menulis jurnal dengan yakin dan mantap.

berikut tips menulis jurnal ilmiah bereputasi berdasarkan pengalaman saya pribadi:

1. Memilih Jurnal

Ada banyak jurnal terakreditasi nasional yang sudah bertebaran dan terakreditasi oleh Kemenristekdikti pada skala Sinta 1 hingga Sinta 6. untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada Sinta Indonesia.

Kemuadian kalian harus memilih jurnal berdasarkan minat penulis. sebagai contoh jika kalian minat pada bidang pendidikan, cari lah jurnal yang berkaitan dengan bidang tersebut. cara mencarinya pun cukup mudah, kalian bisa kunjungi DOAJ, Google Scholar, dan atau manual di search engine google.com dengan kata kunci : jurnal pendidikan. maka disana akan nampak jurnal-jurnal yang berkaitan dengan pendidikan.

2. Pahami Identitas Jurnal

Setelah memilih jurnal, langkah selanjutnya adalah pahami identitas jurnal tersebut. karena jurnal termasuk lembaga ilmiah yang terakreditasi, maka setiap jurnal mempunyai aturan main dalam penerbitan.

Kunjungi link/alamat jurnal yang ingin dituju. kemudian lihat bagian Focus and Scope. ini adalah bagian tentang tema apa saja yang diterima oleh jurnal yang kalian tuju. biasanya pada menu ini akan dipaparkan tema-tema apa saja yang masuk dalam penerbitan jurnal ini.

Misal saya ambil contoh tentang jurnal pendidikan, maka kemungkinan besar tema-tema yang diambil seputar isu-isu pendidikan, pendidikan Islam, dan lain sebagainya. di bagian ini juga, kalian mengetahui apakah jurnal ini menerima ringkasan hasil penelitian, penelitian murni, atau penelitian berupa prosiding.

3. Mulai menulis 

mulailah menulis sesuai dengan tema yang sudah diambil. seperti hal yang sudah dijelaskan di atas bahwa setiap jurnal mempunyai aturan masing-masing. begitupun dengan ranah penulisan. dalam ranah penulisan, setiap jurnal mempunyai template sendiri yang meliputi standar font yang digunakan, ukuran kertas, menggunakan footnote atau bodynote, hingga pustaka tidak kurang dari 10 tahun terakhir.

biasanya pengelola jurnal akan cek tulisan karya ilmiah menggunakan turnitin.com atau plagiarism cheker X. dan penulis dinyatakan lulus apabila tingkat similarity 25-30%. ketika aturan penulisan sudah dipahami, mulailah menulis dengan waktu yang telah tertarget agar tulisan yang dituangkan semakin produktif.

adapun langkah-langkah menulis sudah disajikan oleh pengelola jurnal pada bagian author guidelines atau template journal. penulisan jurnal hampir sama dengan penulisan karya ilmiah lainnya yaitu meliputi pendahuluan/latarbelakang, metodologi, pembahasan, simpulan, dan daftar rujukan/pustaka. jurnal ditulis sebanyak 5000-6000 kata atau setara dengan 18-25 halaman sudah termasuk input abstrak Inggris dan Indonesia.

untuk menentukan judul artikel yang baik, saran saya jangan terlalu bertele-tele agar terlihat menarik. judul artikel ditulis kira-kira 7-12 kata. yang terpenting adalah isi dari jurnal tersebut. pada isi jurnal atau bagian pembahasan hasil analisis penelitian, usahan menampilkan tabel atau diagram konsep yang sedang dikaji kemudian deskripsikan dengan baik diagram/peta konsep yang telah dibuat. hindari penulisan naratif yang berlebihan. hal ini dapat menyebabkan ketidaktertarikan pembaca pada jurnal yang kalian tulis.

4. Mulai Submite

Jangan terburu-buru untuk mengirim jurnal ke redaksi/OJS. mintalah koreksi ke teman-teman yang dianggap mampu dan berpengalaman agar artikel jurnalmu menjadi lebih baik. tambahkan atau revisi sejenak masukan dari teman yang kalian anggap mampu.

jika tidak keberatan, mintalah kepada dosen untuk mengkoreksi tulisanmu sebelum diterbitkan. setelah semuanya selesai, silahkan kirimkan tulisanmu melalui OJS (Open Journal System) dengan cara membuat akun (registrasi) terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkahnya.

rata-rata dalam satu tahun jurnal terbit dua kali yaitu pada edisi Juni dan Desember atau menyesuaikan dengan kebijakan jurnal. untuk beberapa hari kedepan jurnal akan direview oleh tim editorial jurnal. sehingga jika ada revisi, yang dikirimkan oleh tim editorial melalui OJS dan email, segeralah revisi tulisan kalian melalui bagian-bagian yang memang harus direvisi.

Itulah beberapa tips menulis jurnal berdasarkan pengalaman saya menulis jurnal yang sudah terbit di Sinta Indonesia peringkat 3.

Selamat mencoba, semoga berhasil !.

0 Response to "Cara menulis Jurnal Ilmiah Bereputasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel