Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika IT Menyapa dan Berbicara


Nampaknya raja yang bersemayam di dunia saat ini adalah IT. suatu media yang terus maju mengatur regulasi arah teknologi. saat ini kita dihadapkan dengan dunia yang berbeda, dunia yang tidak semestinya,  seharusnya dunia ini seimbang, kini tidak seimbang. teknologi mulai banyak berbicara.

kebiasaan adat budaya masyarakat yang semestinya berdampingan dengan IT. kini IT lah yang banyak menguasai dari pada lalu lalang masyarakat sebagai mana mestinya.

Mulut tergantikan oleh tangan

Bahasa interaksi yang biasa dilakukan oleh sebagian atau bahkan seluruh elemen masyarakat. semuanya tergantikan oleh tangan. pelaku hanya bisa diam, membisu, dan mengutarakan pendapatnya melalui jari-jari tangan. jari tangan seolah menjadi panglima dalam setiap situasi dan kondisi.

Hampir 80% pelajar-pelajar direnggut oleh teknologi. tangan yang biasanya hanya bertugas untuk bersalaman, berbuat, dan berulah dalam berbagai simbol. makin lama menggatikan mulut yang berfungsi untuk berbicara. seolah dunia terbalik. tangan berbicara, mulut menjadi saksi.

jika kembali kepada kacamata dahulu, orang-orang rela mengorbankan tenaganya hanya untuk ber-transaksi. namun saat IT hadir ditengah-tengah masyarakat. semuanya dengan mudah terpangkas menjadi lebih mudah. cukup nebeng wifi, semua transaksi yang bernilai fantastis dapat dilakukan dengan mudah.

betapa hebat jari tangan yang kita miliki sekarang. kebutuhan rumah tangga tinggal pencet, transfer tinggal pencet, pesan makanan tinggal pencet, berbagi informasi via messenger tinggal pencet. jarak yang seharusnya ditempuh ber kilo-kilo meter. sekarang cukup satu jam dua jam sudah sampai tujuan. maka jarak saat ini bukan lagi alasan utama dalam menyambung tali silaturrahmi.

lalu bagaimana mata melihat, kaki menjadi saksi.

Gambaran dalam al-Qur'an

adalah kelemahan saya saat membahas term al-Qur'an, yaitu cocoklogi. maka dalam konteks ini saya lepas dari berbagai pandangan tafsir dan riwayat-riwayat yang ada di dalamnya. namun ini bisa menjadi pertimbangan menarik untuk wawasan kita.

al-Qur'an surat Ya Sin ayat 65,

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Artinya : "Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan" Q.S. Ya Sin (65).

al-Qur'an telah berbicara pada saatnya nanti di hari kiamat fungsi-fungsi organ tubuh yang kita miliki sekarang akan mempunyai peran dan tugas yang berbeda-beda. salah satunya adalah mulut. mulut yang biasa kita gunakan untuk berbicara kini menjadi saksi bisu tergantikan oleh manisnya tangan saat berbuat di dunia.

semua perbuatan baik maupun buruk, dengan mudahnya diucapkan oleh tangan. anggota-anggota tubuh di dalamnya menjadi saksi bisu termasuk kaki yang biasa digunakan unuk melangkah.

bukankah gambaran ini sudah nampak jelas ditengah-tengah pandemi ini, sehingga menjadi peringatan bagi diri masing-masing.

Refleksi

sekalipun kalian mengklaim diri sebagai orang yang zuhud, tidak senang dengan dunia. keberadaan IT bukanlah hal yang mudah dihindari. kita bersentuhan langsung dengan kondisi, situasi, dan budaya kultur masyarakat. maka sama sekali tidak perlu menghindari teknologi. yang bisa kita lakukan sekarang adalah meminimalisir.

setidaknya kita tahu, dilihat dari kacamata agama, setiap perilaku baik dan buruk kita yang dibuat oleh ulah tangan. akan dipertanggung jawabkan dikemudian kelak.

wallahu a'lam

***

Ilfan ID
Ilfan ID Anak bungsu, santri yang terus belajar ilmu dan belajar mengamalkan ilmu

Posting Komentar untuk "Ketika IT Menyapa dan Berbicara"

Berlangganan via Email