Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syukuri Apa yang Kamu Miliki


Selamat datang di industri kreatif

Mungkin ini adalah salah satu jalan keluar buat kamu yang sekarang nggak tahu harus ngapain. Apalagi pandemi yang belum berakhir dan nggak tahu kapan serta di mana ujungnya. Halo temen temen, kita bukan peramal yang mampu menentukan sesuatu yang akan terjadi di masa depan. Pandemi bukan untuk ditunggu.

Kalau sampai hari ini kamu nggak tertarik ngomongin soal profesi. Aku ucapkan selamat datang di industri kreatif. ini akan cocok buat kamu yang suka mengambil peluang dari kreativitas, termasuk di dalamnya creative thinking. ini juga cocok buat kamu yang sedang tekun mendalami hobi tanpa harus putus asa pontang-panting mikirin ijazah.

Mengapa ?

Kalau kamu mendalaminya dengan tekad dan niat yang kuat, niat yang nggak setengah setengah, niat yang bukan kalau sudah mulai bingung berhenti di jalan. Maka selangkah lebih maju ini lebih baik dari kasur yang kamu jadikan tempat rebahan tak kenal waktu dengan segudang pikiran yang menempel di otak. Overthinking menandakan imajinasimu kuat. Akan tetapi, jika kamu tak mampu me-managenya, maka ini akan menjadi sebuah penyakit.

Sekilas tentang industri kreatif. aku nggak akan menjabarkan teori-teori tentang industri kreatif base on books or internet technology. Aku bakal sedikit menjabarkan base on learn life experience. Mudahnya, potensi yang kamu miliki saat ini yang bersumber dari pikiran, rasa, inovasi, dan stimulus. Inilah yang dinamakan industri kreatif.

Industri kreatif itu sangat luas juga mencakup berbagai bidang seni, pengetahuan, dan lain lain. Tapi bukan ini yang aku maksud. Lewat tulisan ini, aku cuma pengin bilang “ayo bangkit” manfaatkan media yang ada. Kamu punya hobi apa silahkan dikembangkan dan jadikan sebuah value. Jangan sampai macet di jalan karena kepentok profesi. Seoarang designer sangat bisa menjadi pelukis, penulis. Begitu sebaliknya, seorang penulis bisa jadi seorang designer dan pelukis.

Jangan mentang-mentang kita terjun di dunia profesi A, lantas mengambaikan semuanya. Sudah saatnya mengembangkan sayap kreatifitas untuk mengambil sebuah peluang value. Mengekspresikan dan mengikuti kata hatimu. Dengan begitu, semua perihal yang sekarang merasa terbatasi akan tercurahkan dalam hati dengan rasa keleluasaannya.

Dengan terjun di dalamnya, kamu akan merasa lebih nyaman untuk mengaplikasikan jati dirimu yang sebenarnya. Pergeseran era industri 4.0. menuju pertengahan abad ke-21 secara terus menerus mengalami pergesaran profesi. Kalau bukan kita sendiri yang menciptakan lapangan pekerjaan dengan modal creative thinking. Lalu mau apalagi? harus diakui bahwa kita sedang hidup berdampingan dengannya. dan yang menjadi ciri khas dari era ini adalah “internet dan teknologi” ini adalah peluang kerja cerdas.

Oke, beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika hari ini kamu sadar dan bangun dari kasur empukmu.

Pertama, soal berbagi. Kamu akan mudah menjadi manusia yang berbagi kebaikan kepada orang lain, minimal inilah value buat kamu sendiri. Seperti kata orang-orang bijak bahwa orang suka berbagi dengan keikhlasannya maka kedepan hidupnya tak akan susah. berbagi banyak hal yang nggak melulu soal materi. Kedua, jaringan. Jaringan yang semakin banyak semakin erat dapat menciptakan value gotong-royong, bahu-membahu satu sama lain. Endingnya adalah tali silaturrahim yang erat dan kuat. Ketiga, peluang. Aspek paling penting yang harus diciptakan. kebiasaan creative thinking yang kamu olah akan memberikan manfaat kemudahan dalam mengambil dan menciptakan peluang.

Kamu boleh setuju atau tidak setuju. Because, soal motivasi bangkit. pertanyaan yang sering dilontarkan adalah bagaimana jika aku introvert? punya rasa malu yang tinggi. perlu diketahui bahwa kreatifitas berpikir dalam industri kreatif nggak ada hubungannya dengan kamu yang introvert atau ekstrovert juga ambivert. ini adalah bagian dari karakter. dan setiap karakter punya peluang sendiri sendiri. itulah uniknya dunia.

Industri kreatif ini bukan lagi bicara persoalan yang menjanjikan. karena ini sudah pasti efek yang akan didapatkan. akan tetapi harus dijemput diciptakan dan diolah dengan sedemikian rupa sehingga menjadi buah value. Syukuri apa yang kamu miliki sekarang. berubah menjadi lebih baik. Selamat berjuang !
Ilfan ID
Ilfan ID Learn from life experience: writer, opinion, and more knowledge. Catatan anak terakhir

Posting Komentar untuk "Syukuri Apa yang Kamu Miliki"