Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara praktis menghilangkan pikiran stres


Stres adalah hal lumrah yang dialami seseorang manakala sudah tidak mampu mengatasi permasalahan pada dirinya sendiri. Berbicara tentang how to (cara) membuktikan bahwa setiap perkara pasti ada solusinya. Kalaupun tidak, pasti ada alternatifnya. Kita sama sekali tidak kekurangan tentang teori "Bagaimana/Cara". Karena sudah banyak ribuan solusi yang ditawarkan oleh banyak orang mengenai "Bagaimana/cara mengatasi bla bla bla" yang pada konteks ini adalah menghilangkan pikiran stres.

Adapun yang kurang dari kita adalah penerapannya. Rata-rata satu diantara kita sangat lemah menerapkan tips atau cara yang sudah dipaparkan dengan jelas dan gamblang. Istilahnya adalah paham teori minim praktik. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila kita masih tahap belajar menuju perbaikan-perbaikan diri di masa yang akan datang.

Dalam kitab Nashoihul 'Ibad sebagian Hukama' mengatakan bahwa:

ثلاثة أشياء تفرج الغصص : ذكر الله تعالى و لقاء أولياءه وكلام الحكماء

Tsalaatsatu asyyaa'a tufarriju alghushosho: dzikrullahi ta'aala wa liqaa'u auliyaa'ihi wa kalaamu alhukama'

Artinya : "Tiga perkara yang dapat menghilangkan kegundahan (pikiran stres) adalah dzikir (mengingat) kepada Allah Swt, Silaturrahim kepada para wali Allah Swt dan memperhatikan perkatakan hukama'"

Hukama' disini adalah orang-orang yang mampu memberikan petunjuk untuk senantiasa mendapatkan kebaikan dunia dan akhirat. Sedangkan Auliya' adalah para ulama dan orang-orang dengan level sholih yang tinggi.

Dzikir adalah solusi yang paling tepat dan mudah untuk dilakukan oleh manusia. Lebih dari 80% populasi umat muslim mengetahui bahwa dzikir merupakan senjata yang manjur untuk menenangkan dan mendapat ketentraman diri dari berbagai masalah yang sedang ia hadapi. Titik poin dari "dzikrullah" ini yaitu semua orang mampu melaksanakannya namun tidak banyak yang mau melakukannya.

Dzikir tidak selalu harus di Masjid dengan tasbih di tangan kanan. Dzikir dapat dilakukan dimana saja kapan saja bahkan hanya sekedar dalam hati. Kedamaian akan terasa apabila kenikmatan dzikir telah tercapai.

Wallahu a'lam
Ilfan ID
Ilfan ID Setiap ide adalah bagian dari karya yang paling berharga

Posting Komentar untuk "Cara praktis menghilangkan pikiran stres"